-->

Badan Kegiatan Mahasiswa

14 August 2015 | Admin UGM INDO

Di Fakultas Filsafat terdapat beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa.  Keberadaan unit-unit ini dilegalisasi oleh Dekan setiap tahun. Di bawah ini adalah unit-unit kegiatan mahasiswa yang di-SK-kan pada tahun 2009 dengan SK No: 249/FI/SK/KM/2009.

  1. Colloseum
    Unit ini mengelola kegiatan keolahragaan misalnya bulutangkis, futsal, hockey, dan lainnya. Di samping melakukan latihan rutin, unit ini juga membuat dan mengikuti kegiatan berdasarkan peristiwa tertentu, misalnya dalam rangka Dies Natalis Fakultas, juga mengikuti kompetisi tertentu,
  2. Forum Seni dan Budaya: Retorika
    Unit ini adalah salah satu unit kegiatan yang paling aktif. Kegiatannya berkaitan dengan seni dan budaya, seperti: mengadakan diskusi, pemutaran film, pementasan, workshop, dll.  Banyak mahasiswa penggiat BKM ini piawai membuat film-film dokumenter. Bahkan salah satu karya mahasiswa pernah menjadi juara dalam berbagai ajang kompetisi. Yang paling bergengsi adalah Cheng Cheng Po sebagai film pendek terbaik yang disutradarai oleh Bagus Wirati Purbanegara. Film pendek ini meraikh Piala Citra. Pembuatan film dan fotografi, juga teater menjadi kegiatan yang banyak diminati
  3. Organisasi Kerohanian Islam, KMF (Keluarga Muslim Filsafat)
    Unit kegiatan ini mengadakan acara yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam, diskusi Ramadhan, Buka Puasa, peringatan hari besar, basar Ramadhan, dan lainnya.
  4. Organisasi Kerohanian Kristen Chrisphy (Christian Philosophy)
    Unit kerohanian ini mengadakan kegiatan untuk menambah pemahaman keagamaan dn menjalin persaudaraan antara mahasiswa Kristen dan Katolik. Beberapa kegiatannya antara lain diskusi dan retret.
  5. Mahasiswa Pecinta Jagad Raya (Mapajara) Pantha-Rhei
    Sesuai dengan namanya, unit ini berisi kumpulan mahasiswa yang tertarik di bidang kepecintaalaman. Naik gunung, menyusuri gua, pajang wall, adalah aktivitas mereka. Pelatihaan terutama untuk angota baru juga dilakukan. Banyak kejuaraan yang telah diraih oleh awak UKM ini.
  6. News Letter Sipetir
    News letter ini diawaki para mahasiswa angkatan 2005. Informasi tentang filsuf dan filsafatnya disajikan dengan bahasa yang populer dan bergaya remaja. Beberapa kali terbit, tetapi akhir-akir ini macet karena awaknya diwisuda. Diharapkan, media ini akan diteruskan oleh adik=adik kelasnya.
  7. Sunday Morning
    UKM ini bergerak di bidang seni khususnya band. Bekerjasama dengan beberapa grup band lain, mereka sering melakukan pementasan di sekitar kampus dan bertandang ke grup lajn. Mereka juga berpartisipasi untuk memeriahkan acara-acara di fakultas.

Di samping kegiatan yang berbasis pada unit-unit kegiatan mahasiswa sebagaimana di atas, masih banyak kegiatan lain sudah dan direncanakan akan segera dilakukan misalnya:

  1. Pembinaan Program Kreativitas Mahasiswa
  2. Pelatihan kepenulisan (opini dan resensi buku)
  3. Pelatihan jurnalistik
  4. Pelatihan Kewirausahaan
  5. Pelatihan Public Speaking
  6. Pelatihan penelitian
  7. Pelatihan bahasa Inggris dan tes TOEFL
  8. Evaluasi dan pembimbigan mahasiswa yang lambat studi
  9. Program magang kerja (sementara ini sudah bekerja sama dengan Harian Jogja dan Jogja TV)

 

Kirim Komentar

Berita Terbaru