• Tentang UGM
  • Simaster
  • IT Center
  • Webmail
  • KPI Filsafat
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Filsafat
  • Profil
    • Selayang Pandang
    • Sambutan Dekan
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Manajemen
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
    • Identitas Visual
  • Pendidikan
    • Program Studi
      • Sarjana Filsafat
      • Magister Filsafat
      • Doktor Filsafat
    • Info Penerimaan
      • Sarjana Filsafat
      • Magister Filsafat
      • Dokter Filsafat
    • Akreditasi Prodi
  • Akademik & Kemahasiswaan
    • Info Akademik
      • Informasi Akademik
      • Panduan Penulisan Tugas Akhir
      • Prosedur Pengajuan Tugas Akhir
      • Fast Track Sarjana-Magister
      • Buku Saku Mahasiswa
      • Herregistrasi
      • Kalender Akademik
    • Panduan Akademik
      • Program Sarjana
      • Program Magister
      • Program Doktor
    • Kemahasiswaan
      • Surat Keterangan Pendamping Ijazah
      • Pembayaran UKT
    • Dokumen Mahasiswa
  • Riset & Publikasi
    • Jurnal
    • Kanal Pengetahuan (KPI)
    • Lafinus
    • Pusat Kajian Filsafat Wayang
    • Buku Karya Dosen
  • Fasilitas
    • CDC
    • Dokumen Dosen/Tendik
    • Konsultasi Psikolog Fakultas Filsafat
    • House of Philosophy
    • Peminjaman Ruang dan Alat
  • Beranda
  • news
  • Fakultas Filsafat UGM dan Hotel Grand Keisha Yogyakarta Jalin Kerja Sama

Fakultas Filsafat UGM dan Hotel Grand Keisha Yogyakarta Jalin Kerja Sama

  • news
  • 14 Maret 2023, 05.09
  • Oleh: rahmatalfianto
  • 0

Fakultas Filsafat UGM dan Hotel Grand Keisha Yogyakarta sepakat menandatangani perjanjian kerja sama dalam bentuk perjanjian kerjasama bidang Kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengembangan, serta Pengabdian Masyarakat (Selasa, 14/03/2023). Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Dekan Fakultas Filsafat UGM, Dr. RR. Siti Murtiningsih dan H. Ibnu Novel Hafidz, S.Sos, M.M. selaku Direktur Utama Hotel Grand Keisha Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Ibnu Novel Hafidz mengungkapkan bahwa “tantangan di masa depan perhotelan dan pariwisata misalnya terkait persaingan hospitality atau keramahtamahan”. Penilaian tentang perhotelan selama ini tidak hanya sekedar mengejar kemewahan yang mengagung-agungkan nilai-nilai Barat, yang lambat laun mengikis kebudayaan ramah-tamah yang hidup selama ini di tengah-tengah masyarakat.

Hafidz mengakui bahwa perlu adanya keterbukaan perspektif untuk memahami kebutuhan pasar di bidang perhotelan dan pariwisata dengan menekankan ulang pendekatan yang berbasis kebudayaan. Sudut pandang keramahtamahaman ini dapat dianalisis menggunakan pendekatan lintas disiplin dan Hotel Grand Keisha membuka peluang. Hafidz menambahkan bahwa hari ini perlu adanya kerja sama antar lintas disiplin dari akademisi, pegiat bisnis, pemerintah, dan media untuk menegaskan ulang kebudayaan dan keramahtamahan masyarakat di bidang perhotelan.

Dr. RR. Siti Murtiningsih pun turut memberikan sambutannya. Beliau berharap agar kerjasama ini tidak hanya sekedar memberikan ruang diskusi antar akademisi dan pelaku bisnis tetapi mampu meneruskan kontribusi secara nyata kepada masyarakat. Melalui Filsafat, Murtiningsih percaya bahwa disiplin Filsafat ini memberikan sudut pandang yang lebih luas terutama ketika menyelesaikan masalah yang beragam di masyarakat, salah satunya tentang kebudayaan. Selain itu, kerja sama ini menjadi kunci untuk kolaborasi risat melalui Laboratorium Filsafat Nusantara yang menjadi skema penelitian masyarakat sekaligus modal sosial untuk menghadapi permasalahan di masa depan.

“Harapannya, kerja sama di bidang akademis dan kemitraan antar industri dan perguruan tinggi secara nyata saling bertalian. Fakultas Filsafat menyambut baik kerja sama ini ketika penelitian akademis dapat memiliki ruang untuk merealisasikan pengetahuan dalam kontribusi yang sangat nyata.”, tambah Murtiningsih saat menutup sambutannya.

Perjanjian kerja sama ini diakhiri dengan penandatangan perjanjian yang diwakili oleh Dekan Filsafat UGM dan Direktur Umum Hotel Grand Keisha dan dilanjutkan diskusi lanjutan serta ramah tamah. Luaran dari kerja sama ini diharapkan dapat menjadi bentuk hilirisasi pengetahuan (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian) sehingga industri perhotelan dapat mendapatkan perspektif baru secara akademis dan filosofis atas permasalahan yang ada, salah satunya, tentang keramahtamahan. [MHS].

Berita Filsafat

  • Fakultas Filsafat UGM dan Globethics Gelar FGD Pengembangan Etika dalam Pendidikan Tinggi
  • Fakultas Filsafat UGM dan UNUGHA Cilacap Kembangkan Modul Pelatihan Jiwa Merdeka
  • Fakultas Filsafat UGM Lepas 29 Wisudawan Program Sarjana, 20 Lulus dengan Predikat Cumlaude
  • Diskusi Great Philosopher Fakultas Filsafat UGM Bahas Teori Error dalam Moralitas ala J.L. Mackie
  • Dukung Persiapan Karier Mahasiswa, Fakultas Filsafat UGM Gelar Workshop LinkedIn

Berita UGM

  • Dosen Geografi UGM Dibekali Strategi Mengajar Mahasiswa Gen Z 
  • Kisah Varen, Anak Pedagang Kantin Diterima Kuliah Gratis di UGM
  • UGM Gandeng GL Zoo Kerja Sama Riset Plasma Nutfah Spesies Ikan Invasif dan Burung Unta
  • 30 Mahasiswa UGM Siap Diterjunkan Melaksanakan KKN-PPM di Wakatobi
  • Cerita Perjuangan Nazwa, Lolos Kuliah Gratis di UGM
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Filsafat

Jl. Olahraga , Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telepon: (0274)550068, 6491197, (MKWK/MPK) 557917, Fax. (0274)515368

Email: filsafat@ugm.ac.id

Tentang Kami

  • Sejarah
  • Struktur Organisasi
  • Visi dan Misi
  • Tenaga Pendidik
  • Tenaga Kependidikan

Akademik

  • Kalender Akademik
  • Prosedur Pengajuan Seminar Proposal dan Skripsi
  • Fast Track Sarjana-Magister

Fasilitas

  • Career Development Center (CDC)
  • House of Philosophy
  • Konsultasi Psikolog Fakultas Filsafat
  • Peminjaman Ruang dan Alat

Informasi Publik

  • Daftar Informasi Publik
  • Permohonan Informasi Publik
  • Daftar Informasi Tersedia Secara Berkala
  • Daftar Informasi Tersedia Setiap Saat

© 2025 Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY